Ketetapan Service Aplikasi SimobiPlus

Untuk nikmati service SimobiPlus, ada banyak ketetapan yang penting jadi perhatian, yakni seperti berikut:
- Bisa dipakai di Handphone Android dan iOS
- Username dan sandi sama dengan Internet Banking
- Harus create EasyPIN (6 digit PIN) yang bisa dipakai seterusnya untuk login dengan gampang
- Di saat create EasyPIN, mekanisme sekalian menulis piranti ID. Hingga untuk login seterusnya di piranti itu, tinggal memasukkan EasyPIN saja.
- Cuman bisa login Simobi+ dari Piranti ID yang tercatat (cuman bisa menulis 1 device)
- Bila login dengan piranti lainnya, karena itu flownya ialah login dengan username dan sandi, selanjutnya verify EasyPIN. Mekanisme akan menulis piranti ID yang baru dan hapus piranti ID yang lama
- Login bisa memakai username dan sandi atau cuman memakai EasyPIN(pada piranti yang sudah terdaftar)
Tutorial Transaksi bisnis SimobiPlus :
1. Proses register SimobiPlus untuk nasabah yang SUDAH mempunyai Internet Banking
2. Register SimobiPlus untuk nasabah yang SUDAH mempunyai Internet Banking, tetapi lupa pemakai name dan sandi
3. Register SimobiPlus untuk nasabah yang TIDAK mempunyai Internet Banking
4. Pembukaan rekening dan register SimobiPlus - Internet Banking Untuk calon pemakai yang TIDAK MEMILIKI rekening di Bank Sinarmas
5. Pengaktifan untuk pemakai yang lakukan register lewat mesin ATM (lewat menu register Internet Banking)
6. Log in SimobiPlus, sesudah register dan pengaktifan usai
7. Log in SimobiPlus, dengan handphone baru
8. Reset EasyPIN, bila pemakai lupa dengan EasyPIN
9. Reset sandi SimobiPlus - Internet Banking, bila pemakai lupa dengan sandi atau SimobiPlus - Internet Banking terblokir
10. Hebat up Go-Pay
11. Transaksi bisnis Pay by QR
12. Membeli - Hebat up pulsa pra-bayar
13. Membuat time deposit baru
14. Kirim - transfer uang
15. Membeli - Hebat up listrik prabayar
16. Nasabah tukar nomor HP
17. Membeli Polis Simas Investa Link dan Smart Investa Link
18. Transfer Valas Same Currency antara Bank Sinarmas
Persyaratan dan ketetapan SimobiPlus
DEFINISI
- SimobiPlus sebagai service mobile banking Bank Sinarmas yang ditingkatkan untuk nasabah Bank Sinarmas lakukan transaksi bisnis perbankan dengan gampang lewat handphone berbasiskan Android dan iOS.
- SimobiPlus harus didownload lebih dulu lewat google playstore (untuk handphone berbasiskan android) atau AppStore (untuk handphone berbasiskan iOS).
- Nasabah ialah pemilik rekening berbentuk tabungan, giro, dan lain-lain yang diedarkan oleh BSIM.
- Rekening ialah rekening punya nasabah pada Bank Sinarmas, baik tabungan, giro, dan lain-lain yang diedarkan oleh BSIM.
- Pemakai Name sebagai pertanda pengenal untuk masuk dan terhubung aplikasi SimobiPlus, dan sebagai pemakai name yang serupa dengan pemakai name Internet Banking Bank Sinarmas.
- Sandi ialah code rahasia untuk masuk dan terhubung aplikasi SimobiPlus, dan sebagai sandi yang serupa dengan sandi Internet Banking Bank Sinarmas.
- Easy PIN (Individual Identification Number) SimobiPlus ialah nomor kode individu untuk mempermudah nasabah terhubung (login) aplikasi SimobiPlus dan untuk otentikasi transaksi bisnis.
- SMS Token / SMS OTP ialah code klarifikasi transaksi bisnis sebagai otentikasi dan pengaman transaksi bisnis yang dikirim oleh mekanisme BSIM ke nomor smartphone yang didaftarkan di saat transaksi bisnis.
- Transaksi bisnis ialah transaksi bisnis yang bisa dilaksanakan oleh pemakai SimobiPlus, diantaranya Transaksi bisnis Pembayaran, pembelian pulsa, pembayaran bill, kirim uang dan transaksi bisnis yang lain yang bakal ditingkatkan di masa datang.
- Kartu ATM BSIM ialah kartu Anjungan Tunai Mandiri(ATM) yang diedarkan oleh BSIM yang bisa dipakai oleh pemegang Kartu ATM BSIM untuk lakukan transaksi bisnis perbankan tertentu lewat ATM BSIM dan atau fasilitas yang lain ditetapkan oleh BSIM.
- Operator Selular ialah perusahaan yang sediakan service jaringan telephone selular.
- SMS (Short Message Serviss) ialah service pengutaraan pesan singkat berbentuk text dan atau angka yang bisa diterima dan atau dikirim lewat smartphone.
- Service pemberitahuan ialah pernyataan oleh Bank lewat SMS ke telephone selular atau Push Notification pada service tertentu yang disiapkan oleh Bank.
REGISTRASI SIMOBIPLUS
- Tiap Nasabah yang mempunyai Kartu ATM BSIM bisa lakukan register service SimobiPlus lewat aplikasi SimobiPlus. Nomor rekening yang tersambung pada service SimobiPlus ialah semua nomor rekening yang dipunyai oleh Nasabah.
- Untuk warga umum yang belum jadi nasabah Bank Sinarmas masih tetap bisa lakukan register SimobiPlus, dengan isi beberapa data seperti Nama, No HP, dan E-mail untuk seterusnya diolah registrasi Simas Emoney di SimobiPlus.
- Register simobiPlus dilaksanakan bila nasabah belum mempunyai pemakai Internet Banking Bank Sinarmas. Bila nasabah telah mempunyai pemakai Internet Banking Bank Sinarmas, karena itu nasabah dapat segera login dengan memakai pemakai name dan sandi Internet Banking.
- Username dan sandi yang dibikin di saat register SimobiPlus berlaku dan bisa dipakai sebagai username dan sandi untuk login di Internet Banking Bank Sinarmas : https://www.banksinarmas.com/PersonalBanking/loginCustomer.do
- Di saat proses register atau login SimobiPlus pertama kalinya, nasabah akan dikirim SMS Token ke nomor smartphone yang tercatat pada mekanisme Bank Sinarmas. Di proses ini, piranti yang dipakai oleh nasabah akan dicatat oleh mekanisme BSIM, untuk mengotentikasi keaslian piranti yang dipakai oleh nasabah.
- Seterusnya nasabah wajib buat membuat Easy PIN yang bisa dipakai untuk login selanjutnya, atau untuk otentikasi transaksi bisnis keuangan.
- Nasabah bisa memakai nomor telephone selular dari provider operator selular mana saja di Indonesia. Bila ada ketidaksamaan data di antara nomor smartphone yang dipakai sama yang tercatat pada mekanisme Bank Sinarmas, Nasabah bisa lakukan pengkinian data di kantor cabang BSIM paling dekat.
- Agar bisa memakai service SimobiPlus, Nasabah harus mempunyai piranti smartphone pandai/handphone berbasiskan android atau iOS dan mengambil aplikasi SimobiPlus lewat google playstore (untuk handphone berbasiskan android) atau AppStore (untuk handphone berbasiskan iOS).
- Dengan memakai SimobiPlus nasabah menyepakati Persyaratan dan Ketetapan SimobiPlus.
KETENTUAN PENGGUNAAN
- Nasabah bisa memakai sarana SimobiPlus untuk lakukan transaksi bisnis perbankan yang sudah disiapkan oleh BSIM, baik keuangan atau non keuangan.
- Pemakai name dan sandi yang dipakai sama dengan pemakai name dan sandi Internet Banking. Peralihan sandi pada Internet Banking akan mengubah sandi pada SimobiPlus, begitupun kebalikannya.
- Nasabah bisa login dengan memakai Easy PIN atau mungkin dengan memakai pemakai name dan sandi.
- Selainnya untuk login, Easy PIN dapat dipakai untuk otentikasi transaksi bisnis keuangan.
- Untuk transaksi bisnis keuangan, nasabah akan dikirim SMS Token sebagai tambahan otentikasi
- Atas tiap SMS Token yang diterima, provider bisa kenakan ongkos berbentuk pemangkasan pulsa. Besarnya pemangkasan pulsa tergantung pada provider yang dipakai.
- Nasabah harus isi semua data yang diperlukan untuk tiap transaksi bisnis secara betul dan komplet.
- Tiap perintah dari Nasabah yang ada dalam pusat data BSIM sebagai data yang betul dan mengikat Nasabah, dan sebagai bukti yang syah atas perintah dari Nasabah ke BSIM untuk lakukan transaksi bisnis yang diartikan, terkecuali Nasabah bisa menunjukkan kebalikannya.
- BSIM terima dan jalankan tiap perintah dari Nasabah sebagai perintah yang syah berdasar pemakai name dan sandi, atau Easy PIN, atau SMS Token, dan Piranti yang dipakai. BSIM tidak memiliki kewajiban untuk mempelajari atau menyelidik orisinalitas atau keaslian atau wewenang pemakaian pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token, dan Piranti atau memandang atau menunjukkan ketentuan atau kelengkapan perintah diartikan, oleh karenanya perintah itu ialah syah dan mengikat Nasabah secara hukum, terkecuali Nasabah bisa menunjukkan kebalikannya.
- Semua transaksi bisnis yang sudah diinstruksi oleh Nasabah ke BSIM tidak bisa diurungkan dengan argumen apa saja.
BSIM memiliki hak tidak untuk melakukan perintah dari Nasabah, jika :
- bila saldo Rekening Nasabah tidak memenuhi untuk lakukan transaksi bisnis yang berkaitan.
- Ada tanda-tanda ada tindak pidana
- Nasabah harus dan bertanggungjawab untuk pastikan keakuratan dan kelengkapan perintah transaksi bisnis lewat SimobiPlus. BSIM tidak bertanggungjawab pada semua karena apa saja yang muncul karena ketidaklengkapan, ketidaktahuan data, atau ketidaktepatan perintah dari Nasabah.
- Semua resiko yang muncul karena penyimpangan SimobiPlus sebagai tanggungjawab Nasabah seutuhnya dan Nasabah sama ini melepaskan Bank dari semua tuntutan yang kemungkinan muncul berbentuk apa saja dan dari faksi mana saja.
- Catatan transaksi bisnis, info atau data yang lain ada pada mekanisme BSIM sebagai alat bukti yang syah dan mengikat atas perintah transaksi bisnis-transaksi perbankan yang sudah dilakukan oleh Nasabah lewat SimobiPlus, terkecuali Nasabah bisa menunjukkan kebalikannya.
- Dengan lakukan transaksi bisnis lewat SimobiPlus, Nasabah mengaku semua komunikasi dan perintah dari Nasabah yang diterima BSIM akan diberlakukan sebagai alat bukti yang syah walau document tidak dibikin secara tercatat dan atau document tidak diberi tanda tangan oleh Nasabah dan BSIM.
- Limit transaksi bisnis lewat SimobiPlus sebagai peraturan dari BSIM, dan BSIM atas pemikirannya sendiri memiliki hak untuk setiap waktu mengganti besarnya limit untuk transaksi bisnis itu.
Dengan memakai service SimobiPlus, Nasabah sudah pahami dan sepakat jika :
- Bank bisa kumpulkan beberapa data Nasabah yang dibutuhkan supaya SimobiPlus bisa jalankan perannya secara baik.
- Info individu Nasabah bisa diberi langsung (sebagai contoh saat Anda mendaftarkan sebagai pemakai SimobiPlus) atau terkumpul secara automatis saat Anda memakai SimobiPlus
- Bank dan/atau afiliasinya bisa memakai beberapa data Nasabah yang langsung diberi atau terkumpul secara automatis untuk kepentingan intern Bank dan/atau afiliasinya.
- Nasabah akan dibuatkan produk Uang Electronic Bank Sinarmas (Simas E-Money) yang bisa dijangkau lewat aplikasi SimobiPlus
Dalam soal di mana Bank Sinarmas mempunyai kerja sama dengan faksi ke-3 berkaitan pengadaan akses ke service SimobiPlus untuk Pemakai lewat fasilitas faksi ke-3 itu:
- Bank Sinarmas bisa tampilkan informasi data account Pemakai pada fasilitas faksi ke-3 itu cuman sesudah mendapatkan kesepakatan dari Pemakai;
- Bank Sinarmas bisa memakai fasilitas otorisasi selainnya PIN yang ditetapkan bersama oleh Bank Sinarmas dan faksi ke-3 yang bekerja bersama dengan Bank Sinarmas.
- Bank Sinarmas jamin jika ketetapan penerapan sama seperti yang diartikan di bagian a) dan b) di atas sudah penuhi standard keamanan dan ketetapan Bank Sinarmas dan pastikan jika hal itu tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berjalan.
USER NAME, PASSWORD, EASY PIN, SMS TOKEN DAN KEWAJIBAN NASABAH
- Pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token cuman bisa dipakai oleh Nasabah yang berkaitan.
- Nasabah harus rahasiakan Pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token dengan:
- Tidak memberitahu ke seseorang terhitung ke bagian keluarga atau orang paling dekat Nasabah.
- Tidak tuliskan pada smartphone dan atau simpan berbentuk tercatat pada fasilitas penyimpanan yang lain, yang memungkinkannya untuk dipahami oleh seseorang.
- Waspada di saat memakai SimobiPlus, supaya info rahasia tidak kelihatan oleh seseorang.
- Yakinkan piranti (handphone) selalu dalam pemantauan Anda.
Tidak membuat sandi atau Easy PIN yang ditetapkan atau ditunjukkan oleh seseorang, atau yang gampang ditebak seperti angka yang berurut, 6 angka yang serupa, tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telephone, dan sebagainya.
Semua penyimpangan pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token, Piranti / Handphone sebagai tanggung jawab Nasabah seutuhnya. Nasabah sama ini melepaskan BSIM dari semua tuntutan yang muncul, baik dari faksi lain atau Nasabah sendiri sebagai karena penyimpangan Pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token, Piranti / Handphone.
Pemakaian pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token pada sarana SimobiPlus memiliki kemampuan hukum yang serupa dengan perintah tercatat yang diberi tanda tangan oleh Nasabah.
Jika SIM Card Operator Selular atau smartphone punya Nasabah lenyap/diculik/dipindahkantangankan pada pihak lain, Nasabah harus memberitahu ke Cabang BSIM paling dekat atau lewat Bank Sinarmas CARE untuk dilaksanakan penutupan/penutupan service SimobiPlus. Semua perintah transaksi bisnis berdasar pemakaian Piranti/Handphone, pemakai name, sandi, Easy PIN, SMS Token yang terjadi saat sebelum petinggi yang berkuasa dari BSIM terima pernyataan itu dari Nasabah jadi tanggung jawab Nasabah seutuhnya.
FORCE MAJEURE
Dalam soal BSIM tidak bisa melakukan perintah dari Nasabah, baik beberapa atau semuanya karena peristiwa-kejadian atau beberapa hal di luar kekuasaan atau kekuatan BSIM, terhitung tetapi tak terbatas pada musibah alam, perang, huru-hara, masalah virus computer, situs browser , perlengkapan/ mekanisme/ transmisi pada kondisi tidak berperan, masalah listrik, masalah telekomunikasi, kebijaksan pemerintahan, dan peristiwa-kejadian atau beberapa hal lain di luar kekuasaan atau kekuatan BSIM, karena itu Nasabah sama ini melepaskan BSIM dari semua jenis tuntutan apa saja dan berbentuk apa saja.
PEMBLOKIRAN / PENONAKTIFAN SIMOBIPLUS
SimobiPlus akan dikunci bila :
- Pemakai SimobiPlus salah masukkan sandi dan/atau Easy PIN sekitar 3x berturut-turut;
- Ajukan permintaan penutupan SimobiPlus ke kantor cabang BSIM atau lewat Bank Sinarmas CARE 1500153 atau 021 501 88888.
- Tidak ada pemakaian dalam periode waktu tertentu secara terus-terusan yang di mana periode waktu itu ditetapkan seutuhnya oleh Bank Sinarmas sama sesuai peraturannya
- secara sepihak oleh Bank Sinarmas karena satu hal atau argumen tertentu baik tanpa atau dengan pernyataan lebih dulu ke pemakai SimobiPlus.
Berkenaan dengan sisi 1) butir d) di atas,Bank Sinarmas memiliki hak untuk memblok SimobiPlus punya pemakai secara sepihak baik tanpa atau dengan pernyataan lebih dulu:
- Atas keinginan kewenangan negara atau kewenangan penegak hukum yang berwenang; atau
- Jika Pemakai lakukan pelanggaran pada Persyaratan dan Ketetapan Pemakaian SimobiPlus; atau
- Jika Pemakai memberinya info yang tidak betul atau menyimpang ke PT. Bank Sinarmas Tbk. ; atau
- jika ada tanda-tanda penyimpangan SimobiPlus untuk aktivitas yang menyalahi hukum
- Jika Nasabah akan lakukan pembukaan blokir aplikasi SimobiPlus, karena itu bisa dilaksanakan dengan lakukan register ulangi di mesin ATM BSIM atau lewat Bank Sinarmas CARE 1500153 atau 021 501 88888.
Service SimobiPlus akan usai bila :
- Nasabah ajukan pengakhiran pemakaian service SimobiPlus baik lewat kantor Cabang Bank Sinarmas atau Sinarmas CARE 1500153 atau 021 501 88888.
- Nasabah tutup semua rekening yang tersambung dengan SimobiPlus.
- Diwajibkan oleh ketentuan perundang - undangan yang berjalan dan atau keputusan pengadilan.
TIPS AMAN MENGGUNAKAN SIMOBIPLUS
- Yakinkan Download Aplikasi Sah SimobiPlus
- Yakinkan Anda mendownload aplikasi SimobiPlus yang sah dari Google Playstore (android) / iPhone AppStore (iPhone).
- Jauhi Akses Wi-Fi Khalayak
- Jauhi memakai akses wi-fi khalayak untuk lakukan transaksi bisnis lewat SimobiPlus.
- Menjaga Kerahasiaan Data
- Cermati usaha penipuan dari pelaku yang mengatasdirikan petugas Bank atau petugas yang lain. Jangan sampai memberitahukan username, sandi, Easy PIN, SMS Token/SMS OTP ke siapa saja. Ganti secara periodik sandi dan Easy PIN Anda, dan jauhi pemakaian sandi dan Easy Pin yang gampang diterka.
- Log out Sesudah Usai Berbisnis
- Yakinkan lakukan log out sesudah usai berbisnis
- Cermat
- Tiap transaksi bisnis Anda, jika ada hal yang meresahkan/tidak lumrah HENTIKAN transaksi bisnis dan SEGERA kontak Bank Sinarmas CARE 1500153
- Menjaga Piranti Anda
- Yakinkan Piranti/Handphone Anda selalu dalam pemantauan, dan selekasnya melapor ke Bank Sinarmas bila kehilangan Handphone yang tersambung dengan SimobiPlus Anda. Adukan ke operator selular Anda untuk memblok nomor smartphone Anda
Posting Komentar untuk " Ketetapan Service Aplikasi SimobiPlus"